Nusa Penida
July 9, 2017
Nusa Ceningan
July 10, 2017

Nusa Lembongan

Nusa Lembongan

Nusa Lembongan adalah pulau terbesar kedua setelah Nusa Penida yang termasuk didalam gugusan kepulauan Nusa Penida. Pulau ini sudah jauh lebih dulu populer dibandingkan dengan Nusa Penida ataupun Nusa Ceningan. Nusa Lembongan sudah sangat populer sejak era tahun 90-an khususnya untuk tujuan wisata bahari seperti snorkeling, surfing, diving dan yang paling ramai adalah wisata kapal pesiar dari Bali (Cruises). Sejak era 1990-an tempat ini banyak diburu wisatawan khususnya Wisatawan Australia sebagai tempat bersantai, jauh dari kebisingan.

Nusa Lembongan luasnya sekitar 8km² saja dan diantara tiga pulau di gugusan Kepulauan Nusa Penida, saat ini Nusa Lembongan boleh dikatakan sebagai yang paling maju, paling pesat perkembangannya dan sudah lebih modern dibandingkan dengan 2 pulau lainnya, Nusa Penida dan Nusa Ceningan. Hotel – hotel dari yang kelas murah sampai yang kelas mahal sudah tersedia disini begitu juga halnya dengan fasilitas pariwisata lainnya seperti restaurant, cafe, watersports, beach club, wisata kapal pesiar dan fasilitas lainnya. Saat ini di siang hari, Nusa Lembongan selalu dibanjiri oleh wisatawan mancanegara untuk menghabiskan waktu seharian di pulau sehingga pada saat siang hari terasa sekali jumlah wisatawan yang datang melebihi jumlah penduduk asli yang ada di Lembongan. ada beberapa
tempat di sekitar pulau ini bagus untuk menyelam dan snorkeling dengan kehidupan laut dan karang yang beraneka ragam. Kegiatan utama yang bisa dilalukan dipulau ini meliputi selancar, menyelam dan snorkeling. Biota laut yang beranekan ragam, Air laut yang jernih akan Anda temukan di mana saja di pulau ini. Surfing juga sangat bagus ditempat ini meski bisa agak ramai, tapi ombaknya bagus. Ada beberapa pantai berpasir putih di pulau ini dan sudah ramai juga setiap harinya.
Saat ini akses untuk menuju ke Nusa Lembongan dari Bali sangatlah mudah. Tersedia banyak pilihan speed boat dari Pelabuhan Pantai Sanur ke Nusa Lembongan yang mana boat – boat tersebut tersedia dari pagi jam 08.00 sampai sore hari sekitar jam 4 sore dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Harganya juga sangat terjangkau sehingga sangat mudah bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke Nusa Lembongan.

Objek Wisata

 

Dream Beach

Dream Beach (Pantai Impian) merupakan salah satu pantai berpasir putih yang ada di sisi selatan Nusa Lembongan. Lokasinya ada di teluk yang sempit dengan gelombang yang lumayan besar sepanjang tahun. Ombaknya yang besar sepanjang tahun menjadikannya tempat yang sangat cocok untuk para peselancar. Pasirnya yang putih halus juga sangat cocok untuk bersantai bagi Anda yang tidak suka berselancar dan sangat cocok juga sebagai objek photographi atau background photo – photo Anda. Dream Beach ini lokasinya kira – kira hanya 10 menit berkendara dari Pelabuhan Mushroom, 15-20 menit dari Pantai Jungut Batu dan sekitar 15 menit saja dari Pelabuhan Jembatan Kuning (pelabuhan penyebrangan ke Nusa Penida). Belum lengkap rasanya berkunjung ke Nusa Lembongan jika belum mempunyai kenang-kenangan photo di tempat ini.

 

Devils’ Tears Beach

Lokasinya bersebelahan dengan Dream Beach, hanya dalam jangkauan berjalan kaki saja. Devil’s Tears adalah pantai dengan tebing karang yang kokoh. Di tebing – tebing karang yang kokoh itu ada beberapa lubang / goa – goa. Ombak yang besar datang bertubi – tubi membentur dinding karang dan goa – goa tersebut menyebabkan air laut menyembur tinggi ke udara dan membentuk sebuah pemandangan yang indah dan keadaan seperti ini akan terjadi secara berulang – ulang sepanjang hari. Orang – orang betah menunggu berlama – lama kesempatan untuk menyaksikan fenomena ini secara berulang – ulang.  Semburan airnya yang tinggi ke udara apalagi ditempa oleh sinar matahari siang atau sore menjadikannya sangat indah sebagai objek photographi atau menjadi background / latar belakang untuk photo – photo kenangan Anda ditempat ini.

 

Mushroom Beach

Mirip dengan Dream Beach. Mushroom Beach berada di teluk yang sempit disisi selatan Nusa Lembongan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Pantainya berpasir putih lembut sehingga sangat cocok juga untuk bersantai atau sekedar berjalan – jalan di pantai ini. Sebelumnya pantai ini adalah tempat snorkeling yang favorit di Nusa Lembongan tetapi sekarang tidak lagi karena tempat ini menjadi salah satu pelabuhan tersibuk yang ada di Nusa Lembongan. Di sekitar Mushroom Beach berdiri puluhan hotel dari kelas yang murah sampai yang mahal dan hampir semua hotel – hotel tersebut mempunyai view ke laut lepas.  Mushroom Beach juga merupakan salah satu lokasi kuliner di Nusa Lembongan. Banyak terdapat cafe-cafe yang berjejer di sekitaran pantai ini dan sangat cocok untuk bersantai sampai menunggu sunset atau tempat bersantap malam. Jika menginap di Nusa Lembongan, Anda bisa berkunjung di sore hari dan pantainya sudah agak sepi karena boat – boat yang berlabuh sudah pada kembali ke Bali, Anda akan menemui lebih sedikit pengunjung di sore hari sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin bemain pasir dan menikmati secangkir minuman di pinggiran pantai.

 

 

Wisata Mangrove Forest

Sebagian wilayah Nusa Lembongan ini (bagian timur) dikelilingi dengan hutan mangrove yang cukup luas yang mana berfungsi untuk menahan gempuran ombak besar sebelum sampai ke daratan. Hutan mangrove di Nusa Lembongan ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang menawan. Anda bisa menikmati tour ke tengah – tengah hutan mangrove dengan menggunakan sampan – sampan kecil yang bisa disewa dari penduduk setempat dan siap mengantarkan Anda berpetualang di hutan mangrove. Tarifnya cukup bersahabat untuk kantong Anda dan Anda bisa berkeliling hutan mangrove kira – kira selama 1 jam petualangan. Di dalam perjalanan anda akan menemukan rimbanya hutan mangrove yang begitu lebat. Di setiap pohon juga sudah disediakan label-label nama pohon dan nama ilmiahnya, jadi sembari kita menikmati indahnya berpetualang di hutam mangrove kita juga mendapatkan edukasi pengetahuan tentang pahon-pohon yang hidup di sekitarnya. Bagaimana? seru bukan petualangan ke Nusa Lembongan?. Ayo tunggu apa lagi, yuk ke Pulau Nusa Lembongan.

Goa Gala – Gala

Goa Gala-gala tersebut dibangun pada tahun 1961 dalam kurun waktu sampai 15 tahun oleh seorang Jero Mangku Dalang bernama Mangku Byasa, beliau juga berprofesi sebagai petani juga seorang pertapa, proses pengerjaannya pada masa tersebut masih menggunakan alat-alat konvensional seperti linggis, menggunakan banyak kotoran sapi yang dibakar sehingga batu kapur lebih mudah digali, goa tersebut kemudian dijadikan tempat tinggalnya. Areal tempat dibangunnya Goa Gala-gala ini, di bawah lahan sekitar 4 are, di areal ini terdapat pelinggih (bangunan suci).  Ada 3 buah pintu masuk menuju ke rumah bawah tanah tersebut, untuk masuk ke dalamnya anda harus menuruni anak tangga sekitar 2 meter.

Rumah bawah tanah atau Gala-gala, oleh wisatawan asing lebih dikenal dengan nama “Underground House”, lorong yang terdapat dalam rumah tersebut sampai pada kedalaman 7 meter dibawah permukaan tanah, didalamnya anda menyusuri lorong-lorong dan juga terdapat sejumlah ruangan dengan fungsi berbeda seperti ada tempat meditasi, ruang tidur, ruang tamu, dapur dan juga sumur, dibeberapa sudut ruangan dilengkapi lampu penerang. Ruang-ruang di bawah tanah ini tidak terlalu tinggi antara 1-2 meteran, sehingga pengunjung kadang-kadang harus membungkuk.

Objek Wisata Lainnya

Masih cukup banyak objek wisata lainnya yang bisa Anda eksplorasi lebih jauh selain tempat – tempat yang sudah disebutkan diatas. Masih ada nama – nama yang tidak kalah keren yaitu Jembatan Kuning (Yellow Bridge), Mangrove Point (snorkeling), Mahagiri Beach, Jungut Batu Beach dan Panorama Peak.